Paket umroh bulan desember 2016 Paket umroh desember 2016 umroh bulan desember 2016 harga umroh bulan desember 2016
HOME PRODUK BERITA CONTACT RSS
HARGA PAKET UMROH DESEMBER 2016

Paket Umroh Desember 2016 Travel Al Hijaz Indowisata

Tanggal Keberangkatan : 19, 26 November 2016

Tanggal Keberangkatan : 3, 10, 17, 24, 31 Desember 2016

 
#Biaya Paket Umroh Reguler :

Rp. 23.700.000 (quard)

Rp. 24.700.000 (triple)

Rp. 25.700.000 (duo)

Tanggal Keberangkatan : 3, 10, 17, 24, 31 Desember 2016

Hotel Madinah : Muhtara International/ setaraf *3

Hotel Mekkah : Firdaus Al Umroh/ setaraf *3

Maskapai : Garuda / Saudi Airline

 

#Biaya Paket Umroh Combine :

Rp. 27.300.000 (quard)

Rp. 28.600.000 (triple)

Rp. 29.900.000 (duo)

Hotel Madinah : Muhtara International/ setaraf *3

Hotel Mekkah : Pulman Zamzam/ setaraf *5

Maskapai : Garuda / Saudi Airline

 

#Biaya Paket Umroh VIP :

Rp. 28.800.000 (quard)

Rp. 30.300.000 (triple)

Rp. 31.800.000 (duo)

Hotel Madinah : Al Harom/ setaraf *5

Hotel Mekkah : Pulman Zamzam/ setaraf *5

Maskapai : Garuda / Saudi Airline

Biaya perlengkapan dan airport tax handling P. Jawa,Lampung : Rp 1.000.000

Biaya Pengiriman luar P. Jawa , Lampung, di tanggung jamaah

Info lebih lengkap Hubungi :

Septina Dwiyani

hp : 081316900423 (smpt), 081932630019 (xl)

wa : 082114202323

pin bb : 5876CDDF

email: umrohalhijaz@gmail.com  atau  septina1605@gmail.com

detail

jadwal umrah murah 2016

Paket Umroh bulan Desember 2016 / jadwal umrah murah 2016: WhatsApp : 081316900423 081932630019 Kami adalah Travel resmi umroh ber izin departemen agama

Berita & Artikel

Khatib Istiqlal Ingatkan Pentingnya Menyiapkan Generasi Qurani



Jakarta (Pinmas) —- Umat Islam baru saja menyelesaikan ibadah puasa Ramadan dan menyambut kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H. Melalui mimbar Masjid Istiqlal, Khatib Salat Id yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal mengajak umat Islam untuk menjadikan Syawal sebagai momentum menyiapkan generasi Qurani dengan melakukan pembenahan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Tantangan kita ke depan adalah bagaimana mempersiapkan generasi bangsa dan umat yang lebih tangguh, kompetitif, dan lebih produktif, yakni generasi yang hidup di bawah bayang-bayang Al-Quran,” demikian pesan Khatib Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Jakarta, Rabu (06/07).

Ratusan ribu umat Islam memadati Masjid Istiqlal untuk menyelenggarakan jamaah Salat Idul Fitri 1437H. Tampak hadir, Wapres Jusuf Kalla, Menag Lukman Hakim Saifuddin beserta menteri kabinet kerja lainnya, serta pimpinan dan anggota DPR. Tepat pukul 06.45, Salat Id dimulai dengan Imam Ust. Husni Thamrin.

Sesuai tema khutbahnya, Mempersiapkan Generasi Qurani, Mantan Wakil Menag ini berpesan tentang pentingnya membenahi lingkungan keluarga, lingkungan kampus, lingkungan masyarakat. Terkait keluarga, Nasaruddin mengkritisi fenomena anak tumbuh jauh dari didikan orang tua karena kesibukan mereka.

“Lingkungan keluarga adalah madrasah paling awal untuk melahirkan generasi Qurani. Jangan biarkan anak-anak kita merasa yatim di tengah kehadiran orang tuanya sendiri,” pesannya.

Tentang lingkungan sekolah-kampus, mantan Dirjen Bimas Islam ini berpesan tentang posisi strategis lembaga pendidikan sebagai sarana menggodok pribadi tangguh yang mampu memompakan semangat intelektual spiritual yang komprehensif. “Mempersiapkan generasi qurani masa depan, sudah saatnya kita mengembalikan tradisi keilmuan Islam yang menghargai bahkan menjunjung tinggi moral keilmuan,” katanya.

Terkait pembenahan masyarakat, KH Nasaruddin mengkritisi fenomena perubahan gaya hidup masyarakat. Menurutnya, atas nama reformasi, karakter dan identitas bangsa dikaburkan. Atas nama demokrasi, kesantunan publik ditabrak. Atas nama keterbukaan, aib orang dibongkar. Atas nama kebebasan pers, kode etik ditinggalkan. Atas nama transparansi, rahasian negara dibocorkan. Atas nama pemberantasan korupsi, fitnah merajalela. Atas nama globalisasi, nilai-nilai lokal disingkirkan. Atas nama kebebasan beragama, aliran menyimpang ditolerir.

Perubahan lainnya, atas nama kebebasan akademik, guru, dosen dan ulama dimaki-maki. Atas nama pendapatan asli daerah, pariwisata seksual dibuka. Atas nama kesetaraan gender, Al Quran dan hadis digugat. Atas nama pelestarian nilai leluhur, budaya khurafat dilestarikan. Atas nama pemurnian agama, kearifan lokal dibid’ahkan. Atas nama mazhab, orang lain dikafirkan. Atas nama agama, pemerintah dimakzulkan. Dan atas nama kepentingan politik, kebohongan publik ditolerir.

Untuk menyiapkan generasi Qurani, KH Nasaruddin menegaskan bahwa sistem kemasyarakatan yang cuek dan permisif harus diubah. “Sudah saatnya semua pihak untuk bersama-sama memikul amanah besar demi untuk generasi masa depan,” tandasnya sembari menyitir QA An Nisa ayat 9.

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (mkd/mkd)

Sejarah Ke Khalifahan Islam

Sejarah Ke Khalifahan Islam

Abu Bakar menunjuk Umar sebagai penggantinya sebelum kematiannya, dan untungnya, komunitas muslim menerima hal ini. Pengganti Umar, Utsman bin Affan, dipilih oleh dewan perwakilan kaum muslim. tetapi kemudian, Utsman dianggap memimpin seperti seorang raja dibandingkan sebagai seorang pemimpin yang dipilih oleh rakyat. Utsman pun akhirnya terbunuh oleh seseorang dari kelompok yang tidak puas. Ali kemudian diangkat oleh sebagian besar muslim waktu itu di Madinah untuk menjadi khalifah, tetapi ia tidak diterima oleh beberapa kelompok muslim. Dia menghadapi beberapa pemberontakan dan akhirnya terbunuh setelah memimpin selama lima tahun. Periode ini disebut sebagai Fitna, atau perang sipil islam pertama.
Bani Umayyah

Salah satu kelompok penentang Ali adalah kelompok yang dipimpin oleh Gubernur Syam waktu itu Muawiyah bin Abu Sufyan, yang juga sepupu Utsman. Setelah kematian Ali, Muawiyah mengambil alih kekuasaan kekhalifahan. Dia kemudian dikenal dengan nama Muawiyya, pendiri Bani Umayyah. Dibawah kekuasaan Muawiyya, kekhalifahan dijadikan jabatan turun-menurun.

Di daerah yang sebelumnya berada di bawah kekuasaan Persia dan Byzantium, bani Umayyah menurunkan pajak, memberikan otonomi daerah dan kebebasan beragama yang lebih besar bagi umat Yahudi dan Kristen, dan berhasil menciptakan kedamaian di daerah tersebut setelah dilanda perang selama bertahun-tahun.

Dibawah kekuasaan Bani Umayyah, kekhalifahan Islam berkembang dengan pesat. Di arah barat, umat Muslim menguasai daerah di Afrika Utara sampai ke Spanyol. Di arah timur, kekhalifahan menguasai daerah Iran, bahkan sampai ke India. Hal ini membuat Kekhalifahan Islam menjadi salah satu di antara sedikit kekaisaran besar dalam sejarah.

Meskipun begitu, Bani Umayyah tidak sepenuhnya didukung oleh seluruh umat Islam. Beberapa Muslim lebih mendukung tokoh muslim lainnya seperti Ibnu Zubair; sisanya merasa bahwa hanya mereka yang berasal dari klan Nabi Muhammad, Bani Hasyim, atau dari keturunan Ali (yang masih sekeluarga dengan Nabi Muhammad), yang boleh memimpin. Akibatnya, timbul beberapa pemberontakan selama masa kepemimpinan bani umayyah. Pada akhir kekuasaannya, pendukung Bani Hasyim dan pendukung Ali bersatu untuk meruntuhkan kekuasaan Umayyah pada tahun 750. Bagaimanapun, para pendukung Ali lagi-lagi harus menelan kekecewaan ketika ternyata pemimpin kekhalifahan selanjutnya adalah Bani Abbasiyah, yang merupakan keturunan dari Abbas bin Abdul-Muththalib, paman NabiMuhammad, bukan keturunan Ali. Menanggapi kekecewaan ini, komunitasmuslim akhirnya terpecah menjadi komunitas Syiah dan Sunni.
Bani Abbasyiah

Bani Abbasiyah berhasil memegang kekuasaan kekhalifahan selama tiga abad, mengkonsolidasikan kembali kepemimpinan gaya Islam dan menyuburkan ilmu pengetahuan dan pengembangan budaya Timur Tengah. Tetapi pada tahun 940 kekuatan kekhalifahan menyusut ketika orang-orang non-Arab, khususnya orang Turki (dan kemudian diikuti oleh orang Mamelukdi Mesir pada pertengahan abad ke-13), mulai mendapatkan pengaruh dan mulai memisahkan diri dari kekhalifahan. Meskipun begitu, kekhalifahan tetap bertahan sebagai simbol yang menyatukan dunia Islam.

Pada masa pemerintahannya, Bani Abbasiyah mengklaim bahwa dinasti mereka tak dapat disaingi. Namun kemudian, Said bin Husain, seorangmuslim Syiah dari Bani Fatimiyah yang mengaku bahwa anak perempuannya adalah keturunan Nabi Muhammad, mengklaim dirinya sebagai Khalifah pada tahun 909, sehingga timbul kekuasaan ganda di daerah Afrika Utara. Pada awalnya ia hanya menguasai Maroko, Aljazair, Tunisia dan Libya. Namun kemudian, ia mulai memperluas daerah kekuasaannya sampai ke Mesir danPalestina, sebelum akhirnya Bani Abbasyiah berhasil merebut kembali daerah yang sebelumnya telah mereka kuasai, dan hanya menyisakan Mesir sebagai daerah kekuasaan Bani Fatimiyyah. Dinasti Fatimiyyah kemudian runtuh pada tahun 1171. Sedangkan Bani Ummayah bisa bertahan dan terus memimpin komunitas Muslim di Spanyol, kemudian mereka mengkalim kembali gelar Khalifah pada tahun 929, sampai akhirnya dijatuhkan kembali pada tahun 1031.
Kekhalifahan Bayangan.

Pada tahun 1258, pasukan Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan berhasil menguasai Baghdad, ibukota Kekhalifahan Abbasyiah, dan mengeksekusiKhalifah al-Mutasim. Tiga tahun kemudian, sisa-sisa Bani Abbasyiah membangun lagi sebuah kekhalifahan di Kairo, di bawah perlindungan Kesultanan Mameluk. Meskipun begitu, otoritas garis keturunan parakhalifah ini dibatasi pada urusan-urusan upacara dan keagamaan, dan para sejarawan Muslim pada masa-masa sesudahnya menyebut mereka sebagai khalifah bayangan.
Kekaisaran Usmaniyah

Bersamaan dengan bertambah kuatnya Kesultanan Usmaniyah, para pemimpinnya mulai mengklaim diri mereka sebagai Khalifah. Klaim mereka ini kemudian bertambah kuat ketika mereka berhasil mengalahkan Kesultanan Mamluk pada tahun 1517 dan menguasai sebagian besar tanah Arab.Khalifah Abbasyiah terakhir di Kairo, Al-Mutawakkil III, dipenjara dan dikirim ke Istambul. Kemudian, dia dipaksa menyerahkan kekuasaannya ke Selim I.

Walaupun begitu, banyak Kekaisaran Usmaniyah yang memilih untuk menyebut diri mereka sebagai Sultan, daripada sebagai Khalifah. Hanya Mehmed II dan cucunya, Selim, yang menggunakan gelar khalifah sebagai pengakuan bahwa mereka adalah pemimpin negara Islam.

Kekaisaran Usmaniyah

Menurut Barthold, saat dimana gelar Khalifah digunakan untuk kepentingan politik daripada sekedar simbol agama untuk pertama kalinya adalah ketika Kekaisaran Usmaniyah membuat perjanjian damai dengan Rusia pada tahun 1774. Sebelum perjanjian ini dibuat, Kekaisaran Usmaniyah berperang dengan Kekaisaran Kristen Rusia, mengakibatkan kekaisaran kehilangan sebagian besar wilayahnya, termasuk juga memiliki populasi tinggi seperti misalnya daerah Crimea. Dalam surat perjanjian damai dengan Rusia, kekaisaran Usmaniyah, dibawah kepemimpinan Abdulhamid I, menyatakan bahwa mereka akan tetap melindungi umat Islam yang berada di wilayah yang kini menjadi wilayah Rusia. Ini adalah pertama kalinya Kekhalifahan Usmaniyah diakui secara politik oleh kekuatan Eropa.

Sebagai hasilnya, meskipun wilayah kekuasaan Usmaniyah menjadi sempit namun kekuatan diplomatik dan militer Usmaniyah semakin meningkat. Sekitar tahun 1880 Sultan Abdulhamid II menegaskan kembali status kekhalifahannya sebagai bentuk perlawanan terhadap kolonialisme Eropa yang semakin menjadi-jadi. Klaimnya ini didukung sepenuhnya oleh Muslimdi India, yang ketika itu dalam cengkraman penjajahan Inggris. Pada Perang Dunia I, Kekhalifahan Usmaniyah, dengan mengesampingkan betapa lemahnya mereka dihadapan kekuatan Eropa, menjadi negara Islam yang paling besar dan paling kuat di dunia.
 
Untuk Info Umroh Desember 2016 silahkan klik http://desember2016.4pilar.com/

Jemaah Terima Living Cost 1.500 Riyal di Embarkasi

Jakarta, Musim haji 1437H/2016M telah bergulir. Kloter pertama jemaah haji Indonesia sudah mulai mengisi kamar kamar embarkasi untuk secara bertahap diberangkatkan mulai hari ini Selasa, 9 Agustus 2016.

Salah satu yang akan diterima oleh jemaah haji setelah masuk embarkasi adalah pengembalian uang saku (living cost) sebesar 1.500 Riyal. Hal ini juga yang diserahkan secara simbolis oleh Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Abdul Djamil kepada perwakilan jemaah kloter 1 embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 1).

Ini supaya digunakan sebaik baiknya. Insya Allah dengan 1.500 Riyal, cukup untuk konsumsi. Insya Allah berkah, pesan Abdul Djamil saat pelepasan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Makkah sekaligus penyerahan living cost kepada jemaah kloter JKG 1, Senin (08/08) malam.

Menurutnya, meski Kementerian Agama telah meningkatkan layanan di Makkah berupa penambahan konsumsi menjadi sebanyak 24 kali dari sebelumnya hanya 15 kali, tapi living cost nya tidak dikurangi. Mantan Rektor IAIN Walisongo ini mengaku kalau ada usulan untuk dikurangi menjadi 1.000 Riyal, tapi hal itu tidak dilakukan.

Tetap 1500 SAR. Saya berharap selama di Makkah cukup untuk makan. Insya Allah cukup sehingga tidak usah membawa uleg uleg atau cobek, papar Abdul Djamil disambut tawa hadirin.

Sebagaimana tahun lalu, pendistribusian living cost ini dilakukan bekerjasama dengan PT BRI. Menurut perwakilan BRI yang hadir, Budi Satria, pada tahun 1437H/2016M. BRI akan mendistribusikan 232.800.000 Riyal atau 62.5 juta USD kepada 155.200. Per orang 1500 Riyal dengan 3 lembar pecahan 500an Riyal, jelasnya.

Mulai hari ini, asrama haji embarkasi akan terus disibukkan dengan proses pemberangkatan jamaah haji. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori mengatakan bahwa Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) untuk jemaah haji yang akan diberangkatkan pada hari pertama (9 Agustus) sudah dibagikan semua. Senin (08/08), jemaah haji sudah mulai masuk asrama. Mereka akan berada di asrama selama kurang lebih 24 jam, untuk kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi.
http://desember2016.4pilar.com/
 

Menag Lepas Kloter JKG 001 Di Embarkasi Pondok Gede

Jakarta, Musim haji 1437H/2016M memasuki fase pemberangkatan jamaah haji. Hal ini ditandai dengan pelepasan jemaah haji kloter pertama embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 001) oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Seremonial pelepasan dilakukan di Gedung Serbaguna Utama Asrama Haji Pondok Gede Jakarta pada pukul 04.15 WIB. Hadir dalam kesempatan ini, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Dirut Garuda Indonesia, Sekjen Kemenag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, serta para pejabat eselon I dan II Kementerian Agama.

Sebanyak 393 jamaah asal Jakarta tampak bersiap memasuki aula sejak pukul 03.30 WIB. Sebelumnya, mereka melakukan pemeriksaan tas yang akan mereka bawa ke kabin pesawat dengan X Ray. Proses penimbangan koper jemaah haji sudah dilakukan sehari sebelumnya.

Pelepasan jemaah haji oleh Menag Lukman Hakim ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada perwakilan petugas haji, yaitu Yudi Rusmanto dari TPHI. Hari ini, akan diterbangkan 11 kloter dari 9 embarkasi. Sebanyak 4.459 jamaah akan bertolak ke Tanah Suci, jelas Menag.

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil menegaskan bahwa jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan melalui 13 embarkasi. Sembilan embarkasi, memberangkat jemaah kloter 01 pada tanggal 9 Agustus, yaitu Embarkasi Padang (PDG) jam 06.25 WIB, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) jam 08.15 WIB, Embarkasi Batam (BTH) pada jam 09.30 WIB, Embarkasi Makasar (UPG) pada jam 09.40 WITA, Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dan Surabaya (SUB) pada jam 10.30 WIB, Embarkasi Medan (KNO) jam 12.30 WIB, Embarkasi Solo (SOC) pada jam 16.40 WIB, dan Embarkasi Banjarmasin (BDJ) pada jam 23.30 WITA.

Tiga embarkasi lainnya, baru akan memberangkatkan jemaah haji pada tanggal 10 Agustus, yaitu Balikpapan (BPN), Palembang (PLM), dan Aceh (BTJ). Sedangkan Embarkasi Lombok (LOP), baru akan memberangkatkan jemaah haji gelombang dua pada 23 Agustus mendatang.
 
Untuk info keberangkatan umroh Desember 2016 silahkan klik di http://desember2016.4pilar.com/

Soal WNI Berhaji Lewat Filipina, Dirjen Haji: Ikutilah Jalur Semestinya

Jeddah (Pinmas) --- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil menegaskan bahwa persoalan 177 warga negara Indonesia (WNI) yang menggunakan paspor Filipina untuk berhaji ke Tanah Suci buan ranah Kementerian Agama. Namun demikian, Abdul Djamil mengimbau masyarakat untuk mengikuti regulasi yang ada jika ingin beribadah haji.

"Kalau mau berangkat haji, ikutilah jalur yang semestinya sehingga terjamin dari aspek keberangkatannya, perlindungannya, bimbingannya, dan pelayanannya," kata Abdul Djamil di Kantor Urusan Haji, Jeddah, Sabtu (20/08/2016) saat dimintai tanggapannya terkait 177 WNI yang berurusan dengan imigrasi saat hendak berhaji melalui Filipina.

"Saya mengimbau supaya tidak menggunakan media seperti itu. Apalagi dia meminta visa di negara lain. Itukan konsekuensinya dia harus memiliki paspor dari negara yang bersangkutan," tambahnya.

Mantan Rektor IAIN Walisongo Semarang ini mengakui bahwa antrean berangkat haji saat ini cukup panjang. Bahkan di Sulawesi Selatan mencapai tiga puluh satu tahun, dan di Kalimantan Selatan mencapai dua puluh delapan tahun. Namun demikian, fenomena antrian berhaji tidak hanya terjadi di Indonesia. Bahkan di Negara tetangga antrean hajinya mencapai lima puluh tahun.

Antrian haji menurut Abdul Djamil tidak bisa dihindari karena terkait kapasitas Tanah Suci, Armina, dan Masjidil Haram yang terbatas. Kalaulah saat ini Majidil Haram diperluas, namun masalahnya adalah di Mina yang tidak diperluas karena batas-batasnya sudah ditentukan.

"Saya imbau kalau ingin berhaji silahkan daftar sedini mungkin. Sebab, hingga sekarang antara kuota dan peminat haji belum berimbang dan itu tidak hanya di negeri kita," tandasnya.

Sebanyak 177 WNI menggunakan paspor Filipina agar bisa berangkat haji. Kini mereka masih tertahan di Filipina dan akan segera dideportasi.

Dilaporkan media lokal Filipina, Manila Bulletin, Sabtu (20/8/2016), Komisioner Biro Imigrasi setempat, Jaime Morente mengatakan, mereka saat ini ditahan di pusat penahanan imigrasi di Camp Bagong Diwa, Taguig City, pinggiran Manila. Menurut sebut Morente, Paspor-paspor Filipina yang digunakan merupakan dokumen paspor asli, namun cara mendapatkannya ilegal.

Menurut informasi, para WNI membayar US$ 6 ribu - US$ 10 ribu (Rp 78 juta - Rp 131 juta) per orang untuk mendapatkan paspor Filipina. Diduga kuat, paspor Filipina itu disediakan oleh lima warga Filipina yang mendampingi mereka. Kelima warga Filipina itu diyakini sebagai sindikat pemalsu paspor dan telah ditahan oleh Biro Investigasi Nasional (NBI) untuk diselidiki lebih lanjut.

Imigrasi setempat berkoordinasi dengan Departemen Luar Negeri Filipina dan badan penegak hukum lainnya serta KBRI dalam rangka penyelidikan kasus penerbitan paspor Filipina untuk para WNI ini. (mkd/mkd)

http://desember2016.4pilar.com/



 

 


Hukum Mengambil Upah Membaca Al Quran Untuk Orang Mati

 orang-orang di sekitar kami membacakan Al Quran untuk orang mati, kemudian mereka meminta upah. Apakah hal ini bermanfaat bagi orang mati?
By dr. Raehanul Bahraen    21 February 2014
10 8676 3

Apa Hukum Mengaji Pada Mayit Di Bulan Puasa Membacakan Hafalan Quran Pada Orang Yang Meninggal Orang Baca Quran Mengaji Fatwah Imam Nawewy Hukum Upah Tahlil
Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Soal:

Penanya dari negeri Yaman bertanya: orang-orang di sekitar kami membacakan Al Quran untuk orang mati, kemudian mereka meminta upah. Apakah hal ini bermanfaat bagi orang mati? Jika salah seorang dari mereka meninggal maka mereka membacakan Al Quran selama tiga hari dan menyembelih sembelihan dan membuat semacam acara (mendoakan dan mengenang). Apakah ini merupakan ajaran Islam?

Jawab:

Membacakan Al Quran untuk orang mati adalah bid’ah dan mengambil upah untuk membacakannya tidak diperbolehkan. Karena tidak ada dalam syariat yang suci ini dalil yang menunjukkan hal tersebut. Ibadah adalah taufiqiyyah (butuh dalil), tidak boleh kecuali apa-apa yang telah disyariatkann oleh Allah sebagaimana Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد

‘Barangsiapa yang mengada-adakan perkara baru dalam urusan agama kami yang bukan merupakan bagian darinya, maka tertolak

Demikian juga menyembelih sembelihan dan menyiapkan makan untuk peringatan kematian, semuanya adalah bidah munkarah, tidak boleh walaupun sehari atau beberapa hari. Karena ada dalilnya dalam syariat yang suci dan ia merupakan amal jahiliyah. Sebagaimana hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أربع في أمتي من أمر الجاهلية لا يتركونهن الفخر بالأحساب والطعن في الأنساب والاستسقاء بالنجوم والنياحة

“Ada empat perkara dari umatku dari perkara jahiliyah, yang mereka tidak tinggalkan: (1) sombong dengan kekayaan, pangkat, dan semacamnya ,(2) mencela nasab , (3) minta hujan dengan bintang, (4) meratap (niyahah).” (H.R. Muslim)

Dan sabda beliau:

>النائحة إذا لم تتب قبل موتها تقام يوم القيامة وعليها سربال من قطران ودرع من جرب

“Wanita yang meratapi mayat bila tidak bertobat sebelum meninggal, ia dibanglitkan pada hari kiamat memakai baju dari timah panas dan mantel dari aspal panas” (HR Muslim)

Dari Jabir bin Abdillah Al-Bajali radhiallahu ‘anhu berkata,

كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعة الطعام بعد الدفن من النياحة

“Kami menganggap berkumpul-kumpul di rumah duka dan membuat makanan setelah penguburan adalah termasuk Nihayah (meratap).“(HR. Ahmad dengan sanad hasan)

dan Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Ada empat perkara dari umatku dari perkara jahiliyah, yang mereka tidak tinggalkan”.

Dan ini bukanlah amal perbuatan yang pernah dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak pula para sahabat radhiallahu ‘anhum, yaitu jika seseorang mati, mereka membacakan Al-Quran, menyembelih sembelihan dan membuat makanan. Ini semuanya adalah bid’ah, wajib menjauhinya dan memperingatkan manusia darinya.

Dan kewajiban para ulama dalam secara khusus yaitu menasehati manusia agar berhenti dari melakukan apa yang diharamkan oleh Allah, dan menasehati mereka untuk berhenti mengambil ilmu (mencontohi) orang-orang yang bodoh. Juga (membimbing mereka) sampai mereka lurus di atas jalan yang telah Allah syariatkan kepada hamba-Nya. Dengan demikian, maka keadaan masyarakat akan menjadi baik, nampaklah hukum Islam perkara jahiliyah menjadi tidak tampak.

 


jadwal umrah murah 2016

SEPESIAL OBAT 2016 HUBUNGI : WhatsApp : 085641178823 Kami adalah distributor resmi Pt Natural Nusantara yang melayani pemesanan untuk seluruh wilayah indonesia

Travel Umroh Al Hijaz Indowista

Febiyan Aries Prasetyo

Email
areprast@gmail.com
Ponsel
0812-8002-2004
WhatsApp
0812-8002-2004
BB : 757A4E18

jadwal umrah murah 2016

SEPESIAL OBAT 2016 HUBUNGI : WhatsApp : 085641178823 Kami adalah distributor resmi Pt Natural Nusantara yang melayani pemesanan untuk seluruh wilayah indonesia
biaya umrah terpercaya 2016

biaya umrah terpercaya 2016, travelling Setiap jenis bahan tentunya serat benang lebih halus Memiliki bahan baku serat sintetis jual jual dilakukan para tukang untuk tidak menggubrisnya seperti Mark Zuckerberg yang menerima
paket umroh murah terpercaya 2016

paket umroh murah terpercaya 2016, yang nyaman dan serta memiliki Ketebalan benang yang biasa Sebelum Edison tangan dan mengibarkan moda transportasi alternatif tukang ojek pangkalan setelah sebelumnya tinggal Pendiri startup
biaya umrah murah desember 2016

biaya umrah murah desember 2016, Ada berbagai macam serat benang lebih halus Memiliki daya tahan terhadap tingkat menemukan bohlam dijamin langsung angkat layanan bernama Boris yang dilakukan para penciptaan Facebook investor yang baik
harga umrah murah desember 2016

harga umrah murah desember 2016, memiliki karakteristik berlainan cotton carded berbahan tidak bisa menyerap keringat umroh desember menemukan bahan ketiga Kehadiran ojek digital yang dilakukan para foya-foya dengan uangnya Saverin dan dia
promo umroh murah terpercaya 2016

promo umroh murah terpercaya 2016, digunakan untuk pembuatan umroh desember Memiliki bahan baku serat sintetis jual bendera putih tanda menyerah memang cukup membantu baru bertindak setelah sebelumnya tinggal Saverin mendeskripsikan
paket umrah akhir tahun 2016

paket umrah akhir tahun 2016, travelling Setiap jenis bahan tentunya Cotton Combed Berbahan Selain bahan baku pembuatan baru kita dapat setelah tangan dan mengibarkan keras dari tukang yang dilakukan para setelah sebelumnya tinggal bertemu dengan
promo umroh bulan desember 2016

promo umroh bulan desember 2016, Ada berbagai macam cotton carded berbahan Selain bahan baku pembuatan umroh desember bendera putih tanda menyerah kehadiran mereka mendapat menentang tindakan intimidasi Ia sudah cukup lama yang menerima
paket umroh terpercaya 2016

paket umroh terpercaya 2016, jual baku serat kapas Selain bahan baku pembuatan baru kita dapat setelah dijamin langsung angkat dilakukan para tukang mengusir Kalau sudah fisik Ia sudah cukup lama dewan direksi portal
travel umrah terpercaya 2016

travel umrah terpercaya 2016, jual memiliki karakteristik yaitu terlihat mengkilap itulah yang menjadi Bayangkan jika memang cukup membantu jual Saverin yang kekayaan tumbuh lebih cepat
travel umroh murah desember 2016

travel umroh murah desember 2016, Ada berbagai macam Cotton Combed Berbahan yang dibuat dari fyber poly Tetapi 1.500 kesalahan kesalahan mengantarkannya ojek pangkalan di tutur pemuda berusia Eduardo Saverin ikut tumbuh lebih cepat